CFM56-3 memiliki spesifikasi high bypass ratio 5:1, dual-rotor, axial flow turbofan engine. Dengan high bypass ratio 5:1, ini menjadi alasan mengapa thrust reverser diposisikan pada duct fan. Dengan persamaan net thrust yang dihasilkan pada duct fan dibanding dengan net thrust pada exhaust sebagai berikut:
Net Thrust Duct Fan, Fnductfan = ( Vexhaust - Vintake).mexternal
Net Thrust Exhaust, Fnexhaust = ( Vexhaust - Vintake).minternal
Dengan demikian Fnductfan lebih besar lima kali dibanding Fnexhaust

Integrated fan dan booster (low pressure compressor - LPC) dijalankan dengan 4 stage low pressure turbine (LPT). Single -stage high pressure turbine (HPT) dijalankan dengan 9 stage high pressure compressor (HPC). Dua rotor secara mekanik saling bebas dengan yang lain. Udara masuk ke engine dipisahkan ke primary (inner) airstream dan secondary (outer) airstream.



Engine terdiri dari 4 bagian besar: fan major module, core engine major module, LPT major module dan accessory drive system. Disitu juga terdapat komponen dimana tidak terdapat di suatu bagian tertentu: spinner front cone, LPT shaft plug dan coupling nut, aft rotating air/oil separator, dan oil inlet cover.

0 Comments